Inilah 7 Cara Memilih Kemasan Makanan Untuk Bisnismu

Cara Memilih Kemasan Makanan

Kenali pelanggan mu!

Ini harus menjadi hal ‘nomor satu’ di daftar ketika hendak memilih kemasan makanan untuk bisnismu. Pengetahuan adalah kekuatan, bukan?

Siapa yang akan jadi pelanggan mu  adalah kunci yang mendasari semua tips di bawah ini.

Memiliki pemahaman yang mendalam tentang pelanggan mu akan mempengaruhi keputusan apa pun yang kamu buat tentang produk Anda, tak hanya dari aspek desain yang akan kita bicarakan lebih banyak di artikel ini.

Kenali Siapa Pelangganmu

Kerjakan pekerjaan rumah Anda dan cari tahu siapa target pasar Anda. Apakah itu seorang wanita, di atas usia 35 tahun yang suka berkebun ATAU seorang pria di atas usia 20 tahun yang hobi sepak bola.

Kenali pelangganmu secara mendalam. Cari tahu apa yang mereka suka dan kurang mereka sukai tingkat pendapatan mereka, status perkawinan mereka, anak-anak dan lokasi tinggal.

Mengetahui berbagai hal tentang konsumen akan membuat semua keputusan desain paket lainnya lebih mudah.

Persona terkuat didasarkan pada penelitian pasar tetapi mereka dapat didasarkan pada wawasan yang diperoleh melalui interaksi pelanggan dan wawancara.

Belum punya banyak pelanggan? Tidak apa-apa, mulai dari yang kecil dan tambahkan dari waktu ke waktu. Kemungkinan kemasanmu akan diperbarui di masa mendatang.

Apakah manfaat dari produkmu ditampilkan secara jelas?

Banyak orang fokus pada fitur untuk menunjukkan betapa mudahnya produk digunakan atau seberapa enak rasanya.

Sebaliknya, fokuslah pada apa yang dilakukannya untuk pelanggan. Di situlah letak daya jual Anda yang sebenarnya.

Tampilkan Maafaat Produk di Kemasan

Apakah itu membuat mereka merasa lebih sehat, lebih seksi, lebih muda? Apakah itu menghilangkan rasa sakit sehingga mereka dapat melakukan lebih banyak pekerjaan fisik? Atau apakah itu menghemat waktu, sehingga mereka dapat menghabiskannya dengan anak-anak mereka?

BACA JUGA:  Resep Kue Ulang Tahun Anak Paling Mudah dan Sederhana

Dapatkan daging asli dari keinginan mereka dan kemudian kerjakan itu ke dalam kemasan Anda melalui konten atau gambar.

Pertimbangkan banyak desain

Jangan terjebak pada satu desain. Yang Anda butuhkan adalah objektivitas. Lihat beberapa desain, cetak, dan atur di sebelah satu sama lain.

Buat Banyak Desain Kemasan

Apa yang menonjol? Apa yang paling menarik perhatian Anda? Coba libatkan keluarga dan teman mu dalam proses pertimbangan memilih desain ini — mereka juga konsumen.

Intinya adalah jangan berpikir bahwa hanya karena kamu menyukainya, pelanggan mu juga sudah pasti akan menyukainya.

Pertimbangkan biaya produksi produk Anda

Biaya produk Anda akan mempengaruhi pilihan dan desain kemasan Anda. Jangan over desain untuk produk titik harga rendah.

Mendesain yang berlebihan dapat berarti biaya pengemasan yang lebih tinggi dari yang diperlukan. Mendesain yang berlebihan bisa berarti membuat kotak kaku yang mahal untuk barang yang harganya murah. Paket terlihat dan terasa hebat tetapi ekonomi kemasan Anda terbalik. Ada cara lain untuk memasukkan tampilan unik tanpa merusak bank.

Pertimbangkan biaya produksi produk Anda

Di sisi lain itu, jika produk Anda memiliki titik harga tinggi, jangan berhemat. Menurut Anda mengapa cincin pertunangan datang dalam kotak beludru mewah yang kaku? Atau minuman keras mahal datang dalam kotak kayu yang dicetak atau kotak kaku berlapis busa lembut?

Anda ingin mengemasnya dalam paket yang memancarkan perbaikan. Mungkin panel lipat unik atau cap stempel timbul / timbul untuk memberi pelanggan Anda perasaan sentuhan.

Pertimbangkan persaingan

Apakah Anda melakukan uji tuntas dan melihat kompetisinya? Apakah Anda benar-benar mengunjungi toko tempat produk Anda akan dijual?

Jika tidak, Anda harus memasukkannya ke dalam daftar ‘yang harus dilakukan’ secepatnya.

BACA JUGA:  Yuk, Buat Bekal Sekolah Anak yang Mudah dan Bergizi

Bagaimana produk akan ditampilkan? Di rak? Di pasak kait? Bersebelahan? Luangkan waktu untuk berbelanja semua toko yang Anda inginkan untuk melihat produk Anda dan mempelajari apa yang dilakukan pesaing.

Cek Kompetitor dan Pertimbangkan Persaingan

Mengetahui persaingan akan membantu Anda naik di atasnya. Semakin baik riset awal Anda, semakin banyak amunisi yang harus Anda lakukan dengan pekerjaan yang lebih baik.

Pertanyaan lain yang mungkin Anda pertimbangkan adalah:

Paket siapa yang akan Anda duduki di sebelah? Warna apa yang mereka gunakan? Anda tidak ingin mendesain paket dan kemudian mengetahuinya menggunakan warna yang sama dengan kompetisi.

Paket gaya dan ukuran apa yang mereka gunakan? Kotak, clamshell, atau kantong berdiri?

Berapa banyak rasa yang mereka jual?

Apakah kotak Anda milik Anda dan pesaing Anda adalah kotak besar dengan banyak bagian?

Apakah Anda memiliki serangkaian produk?

Pilihlah warna yang tepat 

Ketika Anda memikirkan warna hitam dan oranye, merek apa yang kamu pikirkan? Apa merek yang Anda pikirkan ketika saya katakan warna coklat?

Pilih Warna Kemasan yang Tepat

Pertimbangkan warna yang akan membantu produk Anda diperhatikan — dan itu juga bisa berpengaruh pada merek Anda.

Banyak perusahaan mendominasi warna untuk membantu mereka menonjol dan menciptakan merek mereka. Lihatlah lain kali Anda berada di toko perangkat keras. Apa warna alat-alat listrik? Apakah warna paket cocok dengan warna alat?

Setelah Anda membuat warna, pesaing Anda akan kesulitan menggunakannya karena akan terlihat seperti merekmu.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.