Menghilangkan Stigma Negatif Mengenai Modern Lifestyle

Banyak yang menganggap gaya hidup modern atau modern lifestyle  itu kurang bagus. Sangat mudah untuk mencari alasannya. Contohnya saja kesehatan. Orang modern cenderung lebih mudah sakit. Kurang olahraga menjadi salah satu penyebabnya. Belum lagi dengan budaya instan yang sering dipraktikkan oleh orang modern. Itulah yang membuat stigma negatif modern lifestyle.

Namun, apakah salah jika Anda menerapkan gaya hidup yang modern? Tentu saja tidak. Bahkan, sebenarnya Anda tidak bisa keluar dari dunia saat ini. Mau tidak mau, Anda harus ikut ke dalam dunia yang serba modern. Yang harus dilakukan adalah bagaimana menghilangkan efek negatif yang ditimbulkan dari pola hidup modern ini.

BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Agar Tidak Menyesal

Setidaknya ada 2 hal yang menimbulkan stigma negatif pada modern lifestyle. Yang pertama adalah sikap kurang peduli dengan sesama. Dan yang kedua adalah hedonism atau pola hidup yang cenderung suka foya-foya atau gaya hidup konsumtif yang merusak keuangan.

Konsumtif Bagian dari Modern Lifestyle
(sumber: Okezone Ekonomi)

Yang paling berbahaya sebenarnya yang pertama, yaitu kurang peduli. Ini artinya orang modern cenderung selfish atau egois. Mereka lebih memikirkan diri sendiri daripada orang lain. Ini bisa sangat mudah dilihat di kota-kota besar di mana tidak cukup mudah untuk mendapatkan bantuan dari orang lain. Jika tidak ada uang, maka tidak ada bantuan. Jadi, ujung-ujungnya adalah materi berupa uang yang mungkin larinya pada egoism dan juga hedonism.

Hidup Minimalis Solusi Terbaik

Apa penawarnya? Penawarnya hanya satu, yaitu menerapkan pola hidup yang sederhana. Sudah ada gerakan untuk menerapkan hidup minimalis dengan membuat perencanaan keuangan yang matang setiap bulannya. Bahkan, tidak sedikit orang yang merasa repot jika tidak menerapkan pola hidup yang minimalis. Mereka membatasi jumlah pakaian yang mereka punya. Bahkan, rumah saja tidak ingin dibangun dengan ukuran terlalu besar.

BACA JUGA:  Ahli Waris Wajib Tahu Cara Mengajukan Klaim

Dengan hidup minimalis dan sederhana ini, maka empati terhadap orang lain pun muncul. Mudah sekali bagi Anda untuk berbagi dengan orang lain yang kebetulan tidak mampu. Hal ini disebabkan adanya kesedarhanaan. Karena kesedarhanaan, Anda memadamkan egois yang tinggi.

Jadi, jika ada yang bertanya apakah kita harus menghindari gaya hidup modern, jawabannya tidak. Yang perlu kita lakukan adalah bagaimana membuat menghilangkan stigma negatif modern lifestyle. Untuk itu, sebaiknya baca rubrik “gaya hidup” di portal keuangan Duitologi.com di mana terdapat banyak informasi seputar tips hemat dan gaya hidup minimalis yang bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.