Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Mesin Sepeda Motor

Merawat sepeda motor seperti misalnya dengan ganti oli mesin menjadi hal yang harus Anda perhatikan bila Anda menginginkan mempunyai sepeda motor yang awet dan mempunyai performa bagus. Ada beberapa trik merawat mesin sepeda motor yang wajib dilakukan, seperti yang tadi telah disebutkan yaitu mengganti oli menjadi salah satu contohnya. Sebab di dalam mesin sepeda motor terdapat beraneka macam parts atau komponen yang bekerja untuk menggerakkan kendaraan tersebut hingga dapat berjalan ke tempat yang ingin dituju.

Oli merupakan satu hal penting bagi mesin dan diibaratkan seperti darah yang mengalir pada tubuh manusia. Oli mempunyai kegunaan untuk melindungi komponen mesin dari risiko aus akibat gesekan yang terjadi pada bagian dalam mesin. Meski begitu oli pada mesin sepeda motor sendiri wajib diganti secara berkala karena bila mengganti secara berkala maka komponen dalam mesin motor itu akan menjadi awet dan tak mudah mengalami kerusakan. Jadi kapankah waktu yang tepat untuk ganti oli sepeda motor yang tepat?

Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Mesin Sepeda Motor

Supaya mesin sepeda motor kesayangan Anda dapat bertahan lama maka alangkah baiknya ganti oli mesin dengan didasari jarak yang sudah ditempuh. Bagi Anda yang ingin mencoba mengganti oli sendiri, pastikan Anda membaca buku pedoman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat mengganti oli sendiri. Bila yang tercantum pada pedoman pemakaian umumnya 1500/km – 4000/km. Untuk jarak yang sudah ditempuh sebesar 200-500 km lebih baik mengganti oli setiap 1,5 bulan. Bila jarak menengah lebih dari 500 km per bulan maka gantilah oli motor Anda sebulan sekali. Ini berbeda dengan yang menempuh jarak jauh sampai 200 km per hari maka gantilah oli motor Anda setiap dua minggu sebanyak satu kali atau setiap 1200 km.

Bila memang Anda menginginkan untuk memberi kualitas paling baik untuk sepeda motor Anda supaya tetap awet dan tahan lama maka sebaiknya pakai oli berkualitas tinggi namun tetap sesuai dengan spesifikasi mesin sepeda motor. Demi keamanan, Anda dapat memakai produk oli mesin dari produsen sepeda motor itu sendiri dengan segera mencari tahu produk yang disediakan.

Bila sudah terbiasa dengan satu merk maka diusahakan jangan sering kali berganti merk oli yang berbeda karena bisa menyebabkan motor Anda tak tahan lama dan awet. Jadi sekali Anda memakai merk oli itu lalu gunakan saja merk itu untuk seterusnya. Itu tadi sedikit informasi yang dapat disampaikan mengenai waktu yang tepat untuk ganti oli mesin sepeda motor, semoga bermanfaat.

One thought on “Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Mesin Sepeda Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.