4 Tips Menghindari Cat Rumah yang Rusak Karena Musim Hujan

Tampilan cat dalam sebuah rumah modern minimalis tentu sangalah penting, sebab ternyata kondisi cat rumah pun dapat menujukkan karakter si empunya rumah. Untuk itu sudah selayaknya kita selalu mengawal dan merawat cat rumah supaya penampilan tidak jarang kali sedap dipandang mata.

Tips Menghindari Cat Rumah yang Rusak Karena Musim Hujan
Gambar: Dok. Medcom.id

Khusus bagi cat eksterior tempat tinggal, ternyata merawat cat di bagian eksterior tempat tinggal tidak semudah yang dibayangkan. Sebab berada di luar lokasi tinggal maka cat eksterior paling rentang luntur atau rusak terutama pada ketika musim hujan seperti saat ini. Air hujan yang berisi asam tinggi dapat berdampak fatal andai terkena pada cat dinding tempat tinggal secara terus menerus, salah satunya akan membuat cat menjadi mengelupas, bahkan saat dinding terasa lembab terus menerus akan membuat cat menjadi berjamur.

Nah, untuk Anda yang ingin urusan itu tidak terjadi pada lokasi tinggal Anda, sebaiknya Anda menerapkan sejumlah hal di bawah ini :

Gunakan Cat Khusus Eksterior

Gunakan Cat Khusus Eksterior
Gambar: Dok. Freepik.com/@lazy_bear

Pada dasarnya terdapat dua jenis cat rumah, yaitu cat yang dikhususkan untuk bagian interior dan eksterior. Untuk itu sudah seharusnya kita memilih cat yang memang khusus bagi eksterior rumah, sebab cat jenis ini mempunyai daya tahan yang lumayan bagus, bahkan ada sejumlah produsen cat yang berani memastikan catnya tidak akan luntur atau rusak dalam jangka waktu 8 tahun.

Jangan Mengecat Saat Cuaca Mendung

Jangan Mengecat Saat Cuaca Mendung
Gambar: Dok. Freepik.com/@tongstocker1987

Ketika melakukan pengecatan pada rumah minimalis modern usahakan jangan dilakukan disaat cuaca sedang mendung atau saat akan hujan, sebab dikhawatirkan bakal ada air yang terperangkap di dalam tembok. Di samping itu, sebelum melakukan pengecatan Anda mesti mencuci segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya supaya nanti cat bisa merekat dengan baik.

BACA JUGA:  4 Tips Mudah Cara Menghemat Air di Apartemen

Teknik Pengecatan

Teknik Pengecatan
Gambar: Dok. Freepik.com/@cookie_studio

Agar menemukan hasil yang baik dan memuaskan saat melakukan pengecatan rumah, Anda juga harus memperhatikan pula bagaimana kiat pengecatan itu sendiri. metodenya dengan memberikan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, lantas menjelang kering dilapis lagi supaya hasilnya sempurna. Atau Anda dapat juga mengikuti dengan cermat segala urutan atau instruksinya yang tercantum pada kemasan cat.

Periksa Kelembapan Dinding

Periksa Kelembapan Dinding dengan Alat
Gambar: Dok. IDEA.id

Salah satu urusan yang membuat cat rumah rusak saat hujan adalah karena dinding yang lembab yang disebabkan oleh rembesan air. Untuk itu maka periksalah dengan cermat dari mana sumber rembesan air tesebut muncul, seringkali rembesan air dapat muncul dari talang yang konstruksinya tidak cukup baik.

Jangan biarkan dinding Anda terlampau lama terpapar rembesan air, sebab akan menciptakan bercak seperti sebuah ompol pada cat rumah, bahkan akan membuat cat rumah Anda mengelupas.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.