Struktur dan Cara Kerja Panel Surya

Telah banyak diketahui bahwa panel surya merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan listrik. Penggunaan panel surya mulai meningkat di dunia mulai dari rumah tangga hingga industri.

Namun tahukah Anda bagaimanakah cara kerja panel surya hingga menghasilkan energi listrik yang bermanfaat bagi kehidupan? Berikut informasi lengkap yang akan disajikan untuk Anda.

Cara Kerja Panel Surya dalam Menghasilkan Listrik

Dalam sinar matahari terdapat foton yang merupakan partikel sangat terkecil dari sinar matahari. Energi yang cukup besar dihasilkan dari hantaman foton dengan atom semikonduktor silikon ketika sinar matahari mengenai panel surya. Elektron dari struktur atomnya akan dipisahkan dengan menggunakan energi tersebut.

Struktur dan Cara Kerja Panel Surya

Elektron yang bermuatan negatif akan terpisah dengan struktur awalnya dan akan bergerak bebas di daerah pita konduksi yang merupakan bagian dari material semikonduktor. Sedangkan atom yang telah terpisah dengan elektron akan mengalami kekosongan struktur yang disebut dengan “hole” dan bermuatan positif.

Daerah semikonduktor tadi bertindak sebagai pendonor elektron yang disebut dengan Semikonduktor tipe N atau N-type. Sedangkan daerah yang bermuatan positif bertindak sebagai akseptor elektron yang disebut dengan Semikonduktor tipe P atau P-type.

Pada daerah Positif dan Negatif terdapat persimpangan yang disebut dengan PN Junction. Di persimpangan tersebut akan timbul sebuah energi yang akan mendorong elektron serta hole agar melakukan pergerakan ke arah yang berbeda atau berlawanan.

Daerah yang bermuatan negatif akan berjauhan dengan elektron yang bergerak, begitu juga dengan daerah bermuatan positif yang juga akan dijauhi Hole yang bergerak. Di persimpangan negatif dan positif, ketika diberi sebuah beban yang dapat berupa lampu atau perangkat listrik lainnya, maka akan timbul arus listrik.

BACA JUGA:  Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal

Melihat pemanfaatan energi matahari yang tersedia melimpah di alam dan gratis, tentu akan sangat bermanfaat bagi manusia untuk mendapatkan energi listrik yang melimpah ruah. Untuk itu, Anda dapat melakukan pemasangan panel surya berkualitas sebagai pembangkit listrik.

Sewatama dapat membantu Anda dalam memasang panel surya serta menyediakan panel surya dengan kualitas tinggi. Anda dapat mengunjungi https://sewatama.com/id/ untuk info lebih lanjut mengenai pemasangan panel surya.

Dengan mengetahui cara kerja panel surya, tentu kita lebih tahu mengenai bagaimana panel surya dapat bekerja dalam menghasilkan listrik.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.