Aneka Olahan Makanan dari Apel Malang

Sudah tentu jika berkunjung ke Kota Malang, kantong belanja ketika mengunjungi toko oleh-oleh Malang akan diisi oleh Apel Malang yang melegenda. Malang menjadi kota dengan budidaya apel yang terkenal seantero negeri bahkan sudah diekspor ke berbagai negara. Apel Malang terdiri dari 3 Jenis, pertama yaitu Aple Rome Beauty yang memiliki ciri khas warna hijau kekuningan meskipun apelnya sudah masak.

Apel Malang

Kedua Apel Manalagi yang terkenal dengan cita rasa yang sangat manis walaupun belum masak dengan aroma yang kuat. Dan terakhir adalah Apel Anna, berbeda dari dua apel sebelumnya Apel Malang mirip dengan Apel Impor. Apel Anna memiliki ciri khas warna merah tua dan merata. Ketika membeli banyak apel setelah pulang berlibur dari Kota Malang, kira-kira bisa diolah jadi makanan apa saja ya Apelnya? Berikut daftar makanan yang bisa diolah dari Apel Malang.

Aple Pie

Untuk olahan Apel Pie, kalian bisa membuat dalam beberapa jenis apel. Seperti Aple Pie sederhana, fried aple pie dan aple crust pie. Cara mengolahnya pun kurang lebih sama, yaitu membuat adonan crust dari campuran tepung terigu, butter/mentega, telur dan susu cair. Semua diaduk hingga kalis dan dijadikan kulit pie atau crust.

Aple Pie
Gambar: id.tastemade.com

Untuk isian apelnya, setelah apel dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil kamudian dimasak dengan campuran gula pasir, kayu manis, sedikit maizena dan air. Perbedaan aple pie sederhana dan fried aple pie terdapat pada cara memasaknya. Aple pie dimasak secara dipanggang, sedangkan fried apel pie digoreng dalam minyak panas hingga coklat keemasan. Aple Pie ini bisa menggunakan apel Rome Beauty karena bisa memberikan cita rasa sedikit asam pada pie yang renyah.

BACA JUGA:  Menu Makanan Pembangkit Energi di Siang Hari

Aple Muffin

Olahan Aple Muffin bisa menjadi salah satu pilihan olahan yang unik. Berbeda dengan olahan muffin dari keju dan coklat. Apel Manalagi bisa digunakan karena akan memberikan rasa manis dan aroma yang kuat.

Aple Muffin
Gambar: taste.com.au

Untuk adonan bisa membuat adonan muffin pada umumnya, kemudian campurkan apel yang telah dicuci dan dipotong kecil, kemudian dimasak dengan gula dan tambahkan sedikit raisin atau kayumanis untuk menambahkan aroma. Dan setelah diaduk rata, adonan dimasukan dalam cetakan muffin dan dipanggang pada oven yang telah dipanaskan sebelumnya.

Kedua olahan apel diatas sangat cocok untuk keluarga untuk temani waktu nyemil pada sore hari. Selain cemilan yang enak kalian juga tetap bisa mendapatkan gizi dari apelnya, loh! Selamat mencoba!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.