Aplikasi Absensi Karyawan untuk Persiapan Sistem Kerja Remote Bagi Perusahaan

Di era modern dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang pesat seperti saat ini, banyak perusahaan memilih untuk memberlakukan sistem kerja jarak jauh atau remote working. Remote working berarti memungkinkan karyawan untuk bekerja dimana saja tanpa harus ngantor secara rutin.

Dengan menerapkan remote working management, perusahaan juga dapat merasakan banyak keuntungan salah satunya menghemat biaya infrastruktur kantor contohnya biaya sewa gedung, tagihan listrik dan lain sebagainya.

Aplikasi Absensi Karyawan untuk Persiapan Sistem Kerja Remote Bagi Perusahaan
Gambar: Doc. Logique Blog

Namun untuk dapat menerapkan sistem kerja remote, perusahaan perlu mempersiapkan beberapa hal salah satunya aplikasi absensi karyawan. Apa itu aplikasi absensi karyawan? Mengapa penting bagi perusahaan yang menerapkan pekerjaan remote bagi karyawannya? 

Apa Itu Aplikasi Absensi Karyawan?

Seperti namanya, aplikasi absensi karyawan adalah aplikasi yang digunakan untuk dapat memantau absensi karyawan. Perusahaan dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetahui pukul berapa karyawan mulai bekerja dan berhenti bekerja secara online. Selain itu perusahaan juga dapat melihat tingkat kedisiplinan karyawan seperti kapan karyawan terlambat, izin tidak hadir kerja, dan lain-lain.

Aplikasi Absensi Karyawan

Aplikasi absensi karyawan ini sangat berguna tak hanya bagi perusahaan namun juga bagi karyawan, karena mempermudah karyawan untuk dapat absen dimana saja tanpa harus datang ke kantor. Rekomendasi aplikasi absensi karyawan bagi perusahaan yang ingin menerapkan sistem kerja jarak jauh bagi karyawannya adalah aplikasi Dokodemo-Kerja.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik

Dokodemo-Kerja merupakan salah satu working management tool bagi perusahaan yang menerapkan sistem remote working. Dokodemo-Kerja adalah aplikasi absensi karyawan yang memungkinkan perusahaan untuk dapat mengontrol kinerja karyawannya.

Dokodemo Kerja Aplikasi-Absensi Karyawan Terbaik
Gambar: Doc. dokodemo-kerja.com

Dikembangkan oleh perusahaan IT profesional yaitu PT Logique Digital Indonesia, aplikasi pintar yang satu ini tak hanya dapat digunakan di smartphone namun juga di dekstop. Sehingga aplikasi absensi Dokodemo-Kerja efektif untuk meningkatkan efisiensi kerja remote bagi perusahaan maupun karyawan. 

BACA JUGA:  Beragam Jenis Kartu PVC (Poly Vinyl Chloride)

Manfaat Aplikasi Absensi Karyawan

Jika dibandingkan dengan perangkat absensi konvensional, aplikasi absensi karyawan seperti Dokodemo-Kerja memiliki beragam manfaat bagi perusahaan dan juga karyawan, apa saja?

  • Menghemat Biaya Pengadaan Perangkat Absensi

Dengan aplikasi absensi Dokodemo-Kerja, perusahaan tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli perangkat mesin absensi dan juga biaya untuk pemasangan sistemnya. Selain itu perusahaan juga tak perlu mengeluarkan biaya maintenance atau perawatan perangkat mesin absensi, karena Dokodemo-Kerja dapat bekerja hanya dengan menggunakan smartphone atau desktop serta koneksi internet saja.

  • Memudahkan Menganalisa Data Kehadiran Karyawan

Perusahaan dapat dengan mudah menganalisa data kehadiran karyawan melalui aplikasi absensi Dokodemo-Kerja, karena informasi yang disajikan aplikasi adalah informasi yang real-time. Tim HR pun merasa terbantu dengan adanya aplikasi absensi ini, karena tim HR tidak memerlukan rekap absensi karyawan secara periodik ketika membutuhkan data absensi karyawan.

Fitur Aplikasi Dokodemo-Kerja
Gambar: Doc. dokodemo-kerja.com
  • Memiliki Banyak Fitur

Aplikasi absensi Dokodemo-Kerja tak hanya dapat memantau kehadiran karyawan saja, namun juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang tak kalah fungsional dan bermanfaat bagi perusahaan yang menerapkan pekerjaan remote bagi karyawannya.

Diantaranya dapat mengatur set time atau jam masuk kerja tiap-tiap karyawan, dapat mengatur waktu istirahat karyawan, dapat mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan sistem time tracking, hingga dapat memonitor aktivitas karyawan dari jarak jauh dengan fitur screen capture

Selain Aplikasi Absensi Karyawan, Inilah Hal yang Harus Dipersiapkan Perusahaan Sebelum Menerapkan Sistem Kerja Remote

  • Menjalin Komunikasi

Perusahaan perlu untuk menjalin komunikasi yang baik dan lancar dengan para karyawannya yang bekerja secara remote, misalnya mengenai target harian pekerjaan, jadwal meeting, e-mail penting yang harus segera dibalas, dan lain sebagainya.

Persiapan Perusahaan Sebelum Menerapkan Sistem Kerja Remote
Gambar: Doc. Logique Blog
  • Menetapkan Ekspektasi
BACA JUGA:  Keunggulan Sewatama Sebagai Perusahaan Rental Genset Terbaik

Perusahaan perlu untuk menetapkan ekspektasi yang jelas kepada para karyawannya yang bekerja secara remote, apakah harus menyelesaikan pekerjaan dengan cepat atau menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. Jelaskan pula mengenai deadline pekerjaan yang juga harus dipatuhi oleh para karyawan.

  • Menetapkan Aturan yang Jelas

Selain menjalin komunikasi dan menetapkan ekspektasi, perusahaan juga perlu untuk menetapkan aturan yang jelas kepada para karyawannya yang bekerja dari rumah. Sehingga meskipun para karyawan remote working tidak bekerja di kantor, mereka tetap harus memenuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan baik.

Demikianlah informasi lengkap mengenai aplikasi absensi karyawan Dokodemo-Kerja yang cocok bagi perusahaan yang akan menerapkan sistem kerja jarak jauh, sehingga dapat efektif meningkatkan efisiensi kerja remote.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.