Cara Merawat dan Memperbaiki Saluran Air Paling Sederhana

Apakah anda pernah merasakan jika saluran air dirumah anda tersumbat atau mampet? jika pernah pastinya anda merasa jengkel kan. Ada beberapa penyebab saluran air menjadi tersumbat, antara lain bisa karena sisa-sisa makanan yang susah hancur saat terkena air, atau bisa juga karena banyaknya rambut yang masuk, kemudian dari sampah plastik bekas sampo, pembalut bekas, tisu, dan beberapa benda asing lainnya baik secara sengaja maupun tidak sengaja masuk kedalam saluran pipa air anda.

Hal-hal seperti itulah yang membuat kita sebagai pemilik rumah merasa jengkell, kesal, gemas, ketika rumah yang awalnya bersih rapih, harum, semuanya hilang seketika ketika saluran air sedang bermasalah. Jika dibiarkan terlalu lama, genangan-genangan air tersebut bisa saja mengalir ke ruangan lain, Rumah anda akan semakin kotor, bau tidak sedap, dan becek.

Memperbaiki Saluran Air Paling Sederhana
(Sumber : Fimela)

Ada istilah lebih baik mencegah dari pada harus mengobati, maksudnya lebih baik mencegah terjadinya saluran pipa air yang mampet dari pada harus memperbaiki saluran air yang mampet. karena lebih sulit memperbaiki dari pada mencegah, pencegahan bisa dilakukan dengan cara-cara yang sederhana, seperti biasakan jangan membuang sampah dan sisa-sisa makanan pada saluran air. Namun jika sudah terlanjur terjadi, yang bisa dilakukan adalah memperbaiki.

Jika saluran air yang tersumbat itu tidak terlalu parah maka anda bisa melakukan nya sendiri tanpa harus memerlukan bantuan tukang sedot Wc/Saluran air. Yaitu dengan cara memanfaatkan soda kue, cuka dan air panas.

Merawat Saluran Air Paling Sederhana
(Sumber: OKHOME Blog)

Siapa sangka ternyata soda kue yang biasa kita gunakan sebagai bahan membuat kue, bisa menjadi solusi untuk mengatasi permaslahan pada saluran air. Selain soda kue ada juga cuka, kedua bahan tersebut terbukti bisa melarutkan vartiekl-vartikel yang mengahalangi saluran air. Untuk cara kerjanya sendiri, antara lain :

  • Pertama tuangkan 1 panci air panas kedalam saluran air tersebut,
  • Setelah itu masukkan 1 gelas kecil soda kue kedalam saluran air, diamkan kurang lebih 3 sampai 5 menit,
  • Kemudian masukkan 1 gelas kecil cuka dan air panas kedalam saluran, diamkan kurang lebih 10 – 15 menit, sampai sumbatan tersebut mengalir
  • Dan terakhir siramkan kembali 1 panci air panas kedalam saluran air tersebut, untuk membersihkan sisa sumbatan didalam pipa tersebut.
BACA JUGA:  Tips Memilih Lokasi Penempatan Tangki Air yang Tepat

jika saluran air masih sulit diparbaiki meskipun sudah melakukan  langkah-langkah seperti diatas, maka langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan memanggil jasa sedot Wc/Saluran pipa air untuk memperbaikinya.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.