Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Lelang yang Perlu Anda Tahu!

Sampai saat ini mobil bekas masih memiliki banyak peminat. Anda bisa membelinya dari showroom mobil atau platform jual beli mobil bekas di internet. Selain itu, salah satu cara mendapatkan mobil bekas yang sedang diminati oleh banyak orang adalah melalui balai lelang mobil.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Lelang
Ilustrasi mobil bekas dari lelang mobil.

Orang-orang percaya bahwa membeli mobil di balai lelang lebih menguntungkan karena mereka mendapat peluang untuk mendapatkan harga mobil di bawah harga pasaran. Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi, balai lelang juga mengadakan kegiatan lelang mobil online sehingga memudahkan para peserta saat melakukan bidding atau penawaran.

Nah, jika saat ini Anda tertarik untuk mengikuti kegiatan lelang mobil, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Kelebihan Membeli Mobil Lelang

1. Harga relatif lebih murah

Salah satu kelebihan membeli mobil bekas pada acara lelang adalah harga yang ditawarkan lebih murah. Umumnya harga mobil lelang dibanderol di bawah harga pasaran. Bahkan, harga yang ditawarkan bisa selisih belasan juta rupiah dari harga mobil bekas yang dijual di showroom. Tentunya sangat menggoda untuk Anda yang ingin memiliki mobil namun dengan budget pas-pasan atau untuk Anda yang ingin memulai bisnis sewa mobil.

balai lelang mobil bekas, auksi
Gambar: Sepeda Motor dot Com

2. Ada banyak pilihan mobil

Perlu Anda tahu, balai lelang umumnya memperoleh mobil bekas dari perusahaan dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, saat membeli mobil bekas di balai lelang, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan.

BACA JUGA:  Tips Memperpanjang Usia Ban Mobil

Balai lelang mobil akan menawarkan unit mobil lelang dari berbagai tipe, merek, serta tahun pembuatan. Meskipun unit mobil lelang lebih didominasi oleh mobil fast moving seperti Avanza atau Innova namun mobil-mobil Eropa bekas direksi perusahaan seperti Mercy atau BMW juga akan ditawarkan.

3. Transaksi lebih mudah dan cepat

Proses lelang mudah untuk diikuti bahkan bagi para pemula sekalipun. Saat ini, proses lelang juga sudah dapat dilakukan secara online sehingga jauh lebih praktis.

Selain itu, saat Anda dinyatakan menang, Anda bisa segera melakukan pelunasan agar mobil bisa segera diterima. Jadi, setelah urusan administrasi selesai, unit mobil lelang bisa segera Anda bawa pulang.

Kekurangan Membeli Mobil Lelang

1. Mobil kondisi apa adanya

Salah satu kekurangan mobil lelang adalah kondisinya yang apa adanya. Balai lelang biasanya memperoleh mobil bekas dari perusahaan dengan kondisi terakhirnya. Balai lelang kemudian akan menawarkannya pada peserta lelang tanpa melakukan perbaikan seperti yang dilakukan oleh showroom mobil.

2. Tidak bisa test drive

Agar peserta lelang dapat mengetahui kondisi mobil yang akan ditawar, balai lelang akan mengadakan acara Open House. Di sini, peserta akan meneliti kondisi mobil secara langsung. Meskipun demikian, peserta tidak boleh melakukan test drive terhadap mobil tersebut. Oleh karena itu, peserta lelang harus teliti saat datang ke kegiatan Open House tersebut.

proses di balai lelang mobil
Proses di balai lelang mobil, Auksi. (Gambar: carvaganza.com)

3. Waktu terbatas

Kekurangan membeli mobil lelang yang selanjutnya terkait keterbatasan waktu. Saat membeli mobil lelang, Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk meneliti kondisi mobil secara langsung. Waktu pemeriksaan mobil pun sudah ditentukan yaitu saat Open House dibuka.

Selain itu, open bidding juga dilakukan dalam waktu yang singkat hanya beberapa jam saja. Jadi, Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menawar mobil yang Anda impikan.

BACA JUGA:  Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Mesin Sepeda Motor

Nah itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan jika saat ini Anda berencana untuk membeli mobil lelang. Ketika mengikuti acara lelang, memang dibutuhkan ketelitian agar Anda bisa memperoleh mobil impian dengan harga yang terjangkau.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *