Cara Mudah Mencegah Obesitas Tanpa Diet

BukanSembarang.info – Sedang ada kehebohan mengenai berita kesehatan terkini. Ada seorang seorang wanita yang bernama Titi Wati asal Kalimantan Tengah yang memiliki bobot mencapai 220 Kg. Berat badan ini tentu jauh dari kata normal dan lebih tepat dikatakan obesitas. Bercermin dari keadaannya kini, banyak orang mulai giat melakukan diet agar terhindar dari kondisi yang sama. Padahal sebenarnya tanpa harus diet, obesitas bisa dengan mudah dicegah.

Titi Wati Penderita Obesitas
Titi Wati Penderita Obesitas asal Kalimantan Tengah yang sudah melakukan operasi dan tengah menjalani diet. Sumber Gambar : Kompas Regional

Diet kadang memang membuat orang tersiksa hingga menyerah melakukannya. Karena itu, tidak jarang bahaya obesitas selalu mengintai setiap orang. Nah untuk Anda yang ingin mencegah obesitas tanpa diet, perhatikan cara berikut:

BACA JUGA:  Kurang Piknik Ternyata Bisa Membuat Kinerja Otak Lamban
  1. Aktif Bergerak

Makan terus menerus yang tidak dibarengi gerak aktif memicu lemak lebih banyak tertimbun di tubuh sehingga beresiko mengalami obesitas. Minimal lakukanlah gerakan sederhana seperti berjalan, berlari, naik tangga atau aktivitas apapun yang bisa dilakukan di rumah.

Turunkan Berat Badan Cegah Obesitas
Turunkan berat badan untuk bantu cegah obesitas dengan konsumsi makanan sehat dan banyak beraktifitas. Sumber Gambar: Kompas.com
  1. Pilih Makanan Sehat

Jika Anda doyan makan atau ngemil, sebaiknya pilih makanan yang sehat. Ini penting karena tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang. Pilihlah makanan dengan nutrisi lengkap seperti daging, ikan, dan sayur serta camilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan.

  1. Minum Air Putih

Rutin minum air putih delapan gelas sehari memang dianjurkan karena peran air yang sangat penting untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Air putih lebih dianjurkan dibanding susu atau jus karena disamping baik bagi tubuh, air putih juga tidak mengandung gula atau perasa lainnya.

BACA JUGA:  Siapakah yang Membutuhkan Suplemen Zat Besi?
  1. Hindari Junk Food

Junk food memang memiliki rasa yang enak dan mudah dijumpai. Tidak heran banyak orang suka mengonsumsi makanan ini. Tapi meski begitu, lebih baik hindari mengkonsumsi junk food sebisa mungkin karena jenis makanan ini cenderung memiliki sedikit gizi dan tidak sehat.

Rutin Timbang Badan
Rutin timbang badan, namun pastikan jam yang tepat sehingga bisa dijadikan patokan berat tubuh anda. Sumber Gambar: Hello Sehat
  1. Rutin Timbang Berat Badan

Untuk memantau berat badan Anda tetap ideal sebaiknya rutin timbang berat badan setiap seminggu sekali. Jika berat badan Anda mengalami kenaikan maka lebih baik mulai biasakan rutin berolahraga setiap hari.

  1. Lakukan Medical Check-up

Medical check-up atau pemeriksaan kesehatan disarankan untuk dilakukan satu kali dalam setahun. Bukan hanya untuk mencegah obesitas, hal ini juga berguna untuk mencegah masalah kesehatan lain yang mungkin dialami.

BACA JUGA:  Oleh-Oleh Khas Indonesia Favoritnya Wisatawan Luar Negeri

Maraknya berita kesehatan terkini seperti yang dimuat di PingPoint.co.id dalam rubrik kesehatan yang banyak membahas artikel dan berita kesehatan termasuk membahas bahaya obesitas memang sedikit banyak memunculkan kesadaran diri terhadap resiko obesitas. Hal ini bisa berdampak baik karena dapat memacu lebih banyak orang mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.