Penglihatan Tiba-Tiba Hilang? Kunjungi SehatQ.com dan Ketahui Hal Penting Ini!

Masalah mata tidak hanya berupa rabun jauh atau dekat. Ada juga yang tiba-tiba penglihatan seseorang hilang. Mau tidak mau, mereka harus segera menghubungi dokter spesialis mata. Mengapa? Karena apa yang terkait dengan mata itu sangat berbahaya. Dari berbagai organ tubuh yang terlihat, mata merupakan organ tubuh yang rawan sekali. Jika terjadi masalah, maka risikonya begitu tinggi. Mata bisa menjadi buta.

Penglihatan Tiba-Tiba Hilang
Gambar: Dok. Freepik.com/vasiliybudarin

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi jika penglihatan hilang secara tiba-tiba? Banyak sekali faktor penyebabnya.

Penyebab Hilangnya Penglihatan Secara Tiba-Tiba

Apa yang harus Anda lakukan jika penglihatan tiba-tiba hilang? Anda tidak boleh panik. Karena bisa saja itu hanya bersifat sementara saja. Karena memang ada beberapa penyebab penglihatan hilang secara tiba-tiba yang sifatnya sementara. Misalnya saja papilledema. Ini merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan pada bagian saraf mata. Akibatnya, tekanan pada kepala meningkat sehingga menyebabkan kepala pening hingga penglihatan hilang.

Pada kondisi ini, bisa saja kedua mata tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Namun, tak jarang juga hanya satu mata saja yang tidak berfungsi. Kondisi ini akan hilang ketika tekanan kepala menurun dan rasa pusing serta pening hilang. Jika itu terjadi cukup lama, segera istirahat. Tidur dan cobalah untuk menghubungi dokter specialis mata.

Penyebab Hilangnya Penglihatan Secara Tiba-Tiba
Gambar: Dok. Freepik/maria_sbytova

Penglihatan yang hilang secara tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh amaurosis fugax. Orang yang memiliki riwayat diabetes biasanya berisiko mengalami masalah ini. Mata tiba-tiba tidak berfungsi dalam hitungan detik dan juga menit.  Penyebabnya adalah sumbatan pada daerah retina mata.

Selain dua faktor penyebab tersebut, ada juga penyebab lainnya. Bagi orang awam, sebaiknya Anda tidak boleh menerka-nerka. Walaupun terjadinya hanya sementara, Anda tidak boleh anggap sepele. Karena bisa saja ini semakin buruk dan mungkin menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen.

BACA JUGA:  Inilah Tips Memilih Kosmetik Yang Halal

Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Maka dari, lakukan antisipasi sedini mungkin jika Anda pernah atau sering mengalami kehilangan penglihatan secara tiba-tiba.

Apa yang Harus Anda Lakukan?

Lalu, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Setidaknya tiga hal berikut ini yang perlu Anda segera lakukan.

  1. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata

Pertama-tama, konsultasi dengan dokter spesialis mata di SehatQ. Jelaskan apa yang Anda alami. Akan lebih baik jika Anda menceritakan kegiatan apa yang Anda lakukan sebelum penglihatan mata Anda tiba-tiba hilang. Semakin jelas penjelasan Anda, maka dokter akan semakin mudah untuk melakukan diagnosa.

Periksa dan Konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata
Gambar: Dok. Freepik.com/photoroyalty
  1. Pemeriksaan Secara Langsung

Selain konsultasi, sebaiknya Anda meminta dokter untuk melakukan pemeriksaan. Scan MRI biasanya yang akan dilakukan. Ini treatment pertama yang harus dilakukan untuk memastikan apa yang terjadi dan apa yang sebaiknya dokter spesialis mata lakukan.

  1. Treatment yang Diperlukan

Dari proses pemeriksaan, maka akan muncul hasil. Lengkap dengan apa penyebab penglihatan mata yang hilang secara tiba-tiba. Mintalah untuk dilakukan langkah medis agar hal tersebut tidak terjadi.

Yang pasti, jangan main-main dengan masalah yang satu ini. Mata termasuk organ tubuh yang harus mendapatkan perhatian lebih. Mungkin selama ini Anda tidak pernah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan rutin. Jika Anda merasa adanya risiko buruk pada kesehatan mata, segera kunjungi situs SehatQ dan konsultasikan dengan dokter spesialis mata. Anda bisa konsultasi lalu lanjutkan untuk melakukan pemeriksaan.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.