Yuk, Ajak Anak Lakukan 4 Aktivitas Ngabuburit Ini!

Bunda masih lama, ya, berbuka puasa?

Bunda kapan, sih, bisa berbuka, perut adek udah bunyi, nih?

Bunda adek udah gak kuat puasa, batalin aja, ya?

Beberapa pertanyaan tersebut pastinya akan Bunda dengarkan dari buah hati yang baru belajar berpuasa. Memang, sebagai orangtua akan muncul rasa tidak enak dan menyuruh anak untuk berbuka puasa saja setelah mendengar pertanyaan tersebut.

Ajak Anak Lakukan 4 Aktivitas Ngabuburit Ini!
Gambar: Dok. Freepik

Namun, alangkah baiknya Bunda mengalihkan rasa lapar maupun haus yang dirasakan buah dengan melakukan beberapa aktivitas ngabuburit berikut.

Aktivitas Ngabuburit Seru Bareng Anak

Tidak hanya bisa dilakukan di siang hari, aktivitas-aktivitas ini juga cocok dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa tiba agar buah hati Bunda tidak bosan menunggunya. Aktivitas apa sajakah itu? Mari, disimak, yuk! (disitat dari: id.theasianparent.com)

1. Movie marathon film kesukaan atau kisah para Nabi

Yuk, ajak buah hati movie marathon dengan menonton film kesukaannya atau menonton kisah para Nabi dan sahabatnya. Selain dapat menghilangkan rasa bosan karena harus menunggu waktu berbuka puasa.

Movie marathon film kesukaan
Gambar: Dok. Lifestyle OkeZone

Si buah hati juga mendapatkan pengetahuan tentang para Nabi beserta dengan sahabatnya. Jika semua film sudah ditonton, Bunda pun bisa mencari video-video Ramadan di berbagai negara di dunia.

2. Crafting bersama anak dengan membuat kreasi unik

Selain itu, Bunda juga bisa mengajak buah hati melakukan crafting bersama. Misalnya saja, membuat jam dinding unik dari kertas. Dengan membuat jam dinding ini maka bisa dijadikan sebagai cara sederhana menjelaskan konsep waktu pada buah hati Bunda.

Crafting bersama anak

Atau, jika mau, Bunda juga bisa membuat celengan dari botol bekas. Nantinya, jika celengan sudah terisi, ajaklah buah hati untuk mensedekahkan uangnya pada Panti Asuhan maupun anak yatim.

BACA JUGA:  Yang Tidak Boleh Orang Tua Lakukan Agar Diare Pada Anak Cepat Sembuh

3. Membersihkan rumah bersama

Tidak ada salahnya bagi Bunda mengajak buah hati membersihkan rumah bersama. Tak hanya mengajarkan buah hati bertanggung jawab, mandiri, dan inisiatif, dengan melakukan aktivitas seperti ini maka dapat meningkatkan bonding antara buah hati dan Bunda.

Membersihkan rumah bersama anak
Gambar: Dok. Kumparan

Namun, saat membersihkan rumah, berikanlah tugas yang memang sesuai dengan kemampuan anak. Misalnya saja, jika buah hati Bunda sudah berusia 6 – 7 tahun, maka bisa mengajaknya membersihkan kamar, merapikan mainannya, menyiram tanaman, dan masih banyak yang lainnya.

4. Menyiapkan menu untuk berbuka puasa

Menyiapkan menu untuk berbuka puasa
Gambar: Dok. GRID.id

Ajaklah buah hati Bunda menyiapkan menu untuk berbuka puasa. Misalnya, membuat menu takjil ataupun es buah. Selain dapat melatihnya belajar memasak, melibatkan si kecil membuat menu berbuka puasa maka dapat meningkatkan rasa percaya dirinya sekaligus membuatnya semakin semangat menyantap hidangan yang sudah dibuatnya tersebut. Terlebih, jika Bunda dan suami memuji makanan yang dibuatnya.

Itu dia deretan aktivitas ngabuburit seru yang bisa dilakukan bersama buah hati agar dirinya tidak bosan menunggu waktu berbuka puasa. Yuk, coba lakukan bersama buah hati Bunda!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.