Mau Tahu Cara Mengobati Radang Tenggorokan Untuk Balita

Sebenarnya cara mengobati radang tenggorokan yang satu ini tidak hanya untuk balita, tapi untuk semua usia. Hanya saja, dikatakan obat untuk balita karena memang benar-benar alami dan tidak berbahaya jika diminum oleh balita. Anda harus tahu radang itu ada yang dibiarkan saja bisa sembuh, ada juga yang harus mendapatkan penangangan. Jika radang tenggorokan disebabkan oleh virus, sebenarnya tidak ada obat yang bisa mengatasi atau menghilangkan virus penyebab radang tenggorokan tersebut. Obatnya hanya satu, yaitu istirahat sambil meningkat sistem kekebalan tubuh.

Lain hal jika sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri. Harus ada tindakan yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika mengalami radang tenggorokan, atau mungkin balita Anda mengalami masalah tersebut.

  • Berkumur

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Untuk BalitaSebenarnya ini bukan mengobati, tapi meredakan radang tenggorokan. Dengan berkumur menggunakan air garam, maka radang tenggorokan akan berangsur-angsur hilang.

Namun, Anda harus gunakan air hangat ya. Karena air hangat yang sudah dicampur dengan garam bisa lebih efektif mengatasi radang tenggorokan. Air garam akan membantu menghilangkan perih atau tidak nyaman pada tenggorokan serta membasmi bakteri atau kuman penyebab radang tenggorokan. Anda bisa berkumur dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan di malam hari.

  • Mengkonsumsi Madu

Madu sudah terkenal dengan kandungan anti bakteri yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi madu, maka bakteri yang mungkin menjadi penyebab radang tenggorokan akan dibasmi. Dalam hal ini, jika balita tidak mau minum madu secara langsung karena tidak terbiasa, ibu bisa campurkan madu ke dalam minuman seperti teh hangat.

  • Istirahat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus di mana tidak ada cara mengobati radang tenggorokan untuk balita lebih ampuh daripada istirahat. Karena dengan istirahat, tubuh tidak dipaksa untuk bekerja sehingga sistem kekebalan tubuh bisa bekerja lebih efektif untuk membasi virus penyebab radang tenggorokan.

Memang Anda bisa menerapkan cara tersebut jika Anda atau balita Anda mengalami radang. Khusus untuk balita, Anda perlu sedikit waspada. Jika ada tanda-tanda seperti nafas terengah-engah, demam hingga di atas 37 derajat celsius, serta batuk yang tidak kunjung sembuh hingga satu minggu lebih, Anda perlu segera periksakan ke dokter. Itu bukan gejala radang tenggorokan biasa.

Namun, dengan menerapkan beberapa hal tersebut di atas, radang tenggorokan bisa diatasi atau setidaknya hal yang lebih mengkhawatirkan bisa dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.