Fatal, Ketahui Bahaya Anemia Bagi Ibu Hamil Berikut Ini!

Pasti sudah banyak orang yang mengenal anemia secara umum, dimana ini merupakan masalah kesehatan yang diakibatkan kekurangan darah. Jangan pernah anggap jenis gangguan kesehatan tersebut, terlebih lagi bagi para ibu hamil. Dimana orang sedang hamil mengalami anemia akan mempunyai resiko yang lebih banyak seperti melahirkan secara prematur, berat badan si kecil kurang dan beberapa resiko lainnya. Hal inilah yang perlu diperhatikan dan masih sangat jarang sekali ibu hamil paham akan resikonya.

Anemia yang terjadi pada ibu hamil itu sering disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dari makanan. Padahal zat tersebut akan meningkat kebutuhannya seiring dengan meningkatnya masa kehamilan, jadi pahami pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia dengan baik. Seorang perempuan hamil dikatakan mempunyai kondisi anemia akut dimana kadar Hb sudah kurang dari 7g/dL. Tetapi hal itu bukan berarti Anda harus segera melakukan transfusi darah, apalagi kondisi yang sedang hamil jadi perlu pertimbangan secara matang sebelum melakukan.

Anemia pada Ibu Hamil
(sumber gambar: Momdadi.com)

Jika memang kehamilan masih trimester awal, setelah melakukan pemeriksaan ternyata mengalami kekurangan darah lebih baik atasi dengan beberapa suplemen tambahan. Misalnya saja Anda bisa mengkonsumsi seperti:

  1. Daging merah seperti daging sapi, kambing, hati sapi ataupun ayam yang dapat membuat penambahan darah pada tubuh Anda.
  2. Sayur-sayuran hijau juga banyak yang mengandung zat besi sepertu bayam, kangkung, brokoli dan beberapa lainnya.
  3. Makan buah dengan kadar air yang tinggi seperti semangka, jeruk, lemon, mangga dan masih banyak lagi.
  4. Selain mengandung banyak protein, kuning terlur ternyata juga mengandung zat besi baik untuk kesehatan.
Bahaya Anemia Bagi Ibu Hamil
(sumber gambar: dokter sehat)

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas, Anda juga bisa meningkatkan pH darah dalam tubuh dengan suplemen penambah darah. Tetapi ingat, disini harus dipastikan terlebih dahulu mengenai keamanan dan kandungan dari suplemen tersebut. Jangan sampai Anda mengkonsumsi suplemen yang justru membahayakan janin dalam kandungan. Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai penyebab dan cara mengatasi anemia bisa Anda lihat melalui link https://www.guesehat.com/.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.