Jambu Biji dan Demam Berdarah

Demam berdarah terus menjadi penyakit yang dikhawatirkan banyak orang. Sudah lebih dari dua puluh tahun sejak pertama kali ditemukan di Indonesia, penyakit ini masih terus memakan korban. Apalagi virus penyakit yang dibwa dan disebarkan oleh nyamuk Aedes aegephty dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Bayi hingga kakek dan nenek mungkin masih dapat terinfeksi.

Saat seseorang terkena demam berdarah, maka trombositnya akan turun selain panas yang tinggi selama beberapa hari. Jika tidak teratasi trombosit yang semakin sedikit dapat mengakibatkan pendarahan sampai kematian. Di sini manfaat daun jambu biji untuk meningkatkan trombosit sering menjadi andalan.

Ternyata tidak hanya hal tersebut lho! Jambu biji memang sering kali dihubungkan dengan demam berdarah. Anda mau tahu secara lengkap dan singkat tentang hubungan keduanya? Yuk, simak di bawah ini!

Daun Jambu Biji sebagai Cara Jitu Meningkatkan Trombosit

Daun jambu biji sebagai peningkat trombosit dalam darah tidak diragukan lagi. Penelitian terbaru di tahun 2017 yang dipublikasikan dalam Asia Pacific Journal menyebutkan bahwa jambu biji bantak mengandung zat aktif yang merangsang trombopiletin. Trombopiletin di dalam tubuh berfungsi untuk membentuk trombosit.

Nah, jika seprang penderita demam berdarah mengonsumsi daun jambu biji, maka tubuh akan merangsang trombopiletin untuk bekerja menghasilkan banyak trombosit dalam waktu cepat.

Daun Jambu Biji sebagai Cara Jitu Meningkatkan Trombosit
(Foto: Freepik/@vlatart)

Cara memperoleh khasiat daun jambu biji ini sangat mudah. Anda tinggal mengambil beberapa helai daunnya yang masih muda dan meremasnya. Remasan kemudian dimasukkan dalam segelas air yang direbus hingga mendidih. Air rebusan yang sudah agak dingin dapat Anda konsumsi karena di dalamnya sudah terdapat ekstrak daun jambu biji.

Namun, bagi Anda yang tidak mau repot sekarang banyak dijual ekstrak daun jambu biji dalam bentuk kapsul.

BACA JUGA:  Cara Mudah Mencegah Obesitas Tanpa Diet

Buah Jambu Biji

Tidak hanya daun jambu biji yang berkhasiat dalam penyembuhan demam berdarah. Buahnya yang berwarna putih atau merah dapat digunakan. Anda dapat memakannya langsung setelah menyisihkan bijinya yang banyak atau membuatnya menjadi jus.

Jambu Biji
(Foto: Freepik)

Buah jambu biji banyak mengandung vitamin C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh penderita demam berdarah. Selain itu, buah juga mengandung cairan yang sangat bagus bagi penderita demam tinggi, mencegah dehidrasi. Fungsi buah jambu biji tidak hanya untuk demam berdarah tetapi juga dapat menjadi obat hidung mampet dan hidung meler. Beberapa orang juga meyakini bahwa daging buah jambu biji berfungsi sama dengan daunnya, dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Demikianlah fungsi jambu biji untuk demam berdarah. Resep tradisional yang sudah diakui beberapa ahli kesehatan. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.