Mengenal Lebih Dekat Reksa Dana Syariah dan Manfaatnya

Reksa dana syariah merupakan salah satu bentuk reksa dana terbaik yang mengambil prinsip penginvestasian dana dengan bentuk syariah, yang mana berlandaskan syariat menurut agama Islam. Di dalam reksa dana berbentuk syariah ini, terdapat setidaknya sepuluh jenis reksa dana yang bisa dipilih oleh masyarakat yang berniat untuk melakukan investasi dalam bentuk reksa dana. Seperti misalnya; reksa dana syariah pendapatan tetap, reksa dana syariah pasar uang, reksa dana syariah campuran, reksa dana syariah terproteksi, dan sebagainya. Jadi, jangan asal memilih investasi reksa dana syariah dan tentukan jenis investasi yang dibutuhkan.

Reksa Dana

Selain itu, bidang reksa dana dengan jenis syariah ini pun memiliki beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat. Apa sajakah manfaatnya? Langsung disimak ulasannya di bawah ini;

  1. Reksa dana syariah jauh lebih aman dan selalu stabil. Melakukan investasi dalam bentuk reksa dana syariah ini, ternyata jauh lebih aman dibandingkan yang lainnya. Mengapa? Sebab, di bidang reksa dana jenis ini terdapat underlying asset yang sangat jelas, sehingga tidak akan menimbulkan resiko. Bahkan, dengan adanya underlying asset ini membuat investor akan terbebas dari penurunan nilai aktiva bersih yang biasanya menurun tajam. Dan untuk reksa dana berbentuk syariah ini dipegang oleh institusi syariah, yang akan memegang saham sampai dengan jatuh tempo pembayaran sehingga harga yang harus dibayarkan oleh investor terus stabil alias tidak terjadi penambahan harga.
  2. Diawasi oleh dewan pengawas syariah atau disingkat DPS. Untuk investasi reksa dana syariah ini, biasanya akan diawasai oleh dewan pengawas syariah atau DPS yang bertugas mengawasi pengelolaan yang bersifat jujur, adil, sekaligus memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Sehingga, dengan adanya DPS ini maka membuat investasi yang kita lakukan di reksa dana syariah pun tentu akan selalu aman.
  3. Transparansi investasi dana bisa dilihat di media massa. Manfaat lainnya yang bisa diperoleh saat berinvestasi dana dalam bentuk reksa dana syariah ini adalah jika kita hendak melihat transparansi investasi dana bisa dilihat langsung di media massa. Misalkan saja, setiap bulannya penginvestasi akan diberitahukan laporan mengenai jumlah dana ke bentuk rekening Koran sekaligus memberitahukan kinerja dari reksa dana syariah.
  4. Biaya untuk transaksi awal sangat rendah. Umumnya, biaya untuk transaksi awal saat berinvestasi di bidang reksa dana syariah ini bisa dibilang sangat rendah alias murah. Dimana, investor hanya perlu membayarkan dana transaksi sebesar Rp 10.000 sampai dengan 15.000. Akan tetapi, ada pula perusahaan yang menawarkan membayar keseluruhan biaya transaksi ataupun membayarnya per saham.

Itu sedikit ulasan mengenai penjelasan reksa dana syariah sekaligus manfaatnya. Semoga memberikan manfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.