Eits, Jangan Sampai Ketipu Dengan Barang Promo Ya

Mungkinkah ada jebakan dalam program diskon akhir tahun yang digelar oleh e-commerce? Kemungkinan itu pasti ada. Akan tetapi, ini bukan berarti penipuan. Dikatakan jebakan karena mungkin Anda ingin berhemat dengan membeli sebuah produk saat sedang promo. Tapi, nyatanya justru Anda harus keluar uang lebih banyak.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum beli barang di acara promo akhir tahun.

Berapa Harga Sebenarnya

Sangat tepat jika Anda merasa aneh ketika barang branded misalnya di diskon gede-gedean, mencapai 50% atau bahkan 70%. Bisa jadi diskon tersebut hanya untuk menarik konsumen agar harganya terasa sangat murah.

Ketika Anda merasa keanehan tersebut, sebaiknya Anda cek dulu harga sebenarnya. Caranya, buka saja website dan cari di toko online atau e-commerce lain yang menjual barang yang sama. Lihat harga aslinya.

Jangan Sampai Ketipu Dengan Barang Promo

Jangan sampai harga diskon tersebut sudah dinaikkan sebelumnya. Jadi, sama saja. Akan lebih baik pula jika Anda cek di website resmi produk tersebut. Biasanya, brand tertentu sudah menentukan harga untuk pembeli langsung dan juga untuk reseller atau retail. Setidaknya Anda punya patokan yang jelas berapa harga produk tersebut di website resminya.

Cek Toko Sebelah

Sekarang ini, lebih banyak orang yang suka belanja online. Mereka juga lebih tertarik ikut diskon akhir tahun yang diadakan oleh e-commerce. Apalagi di akhir tahun ini, hampir semua e-commerce menawarkan harga promo dan juga keuntungan lainnya.

Keuntungannya jelas. Anda bisa lebih mudah untuk membandingkan antara ecommerce satu dengan yang lain. Mungkin saja ada ecommerce yang menjual barang X dengan diskon sekian persen. Tapi, jangan buru-buru klik tombol beli ya. Coba cek di e-commerce lain. Jangan-jangan e-commerce yang lain membandrol barang tersebut dengan harga yang lebih murah tanpa ada embel-embel diskon.

Hitung Juga Ongkos Kirim

Rasanya murah sekali ketika mendapatkan barang yang sedang promo. Sayangnya, rasa itu hanya sekejap. Rasa itu hilang ketika Anda checkout dari sebuah e-commerce dan melihat berapa uang yang harus Anda transfer beserta ongkos kirim.

Tak jarang orang yang merasa keberatan dengan ongkos kirim. Bahkan, ada juga yang membeli barang di mana harganya tidak sebanding dengan ongkos kirim. Istilah mereka, berat di ongkos kirim.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda cek juga berapa ongkos kirim. Untuk barang yang berat, otomatis ongkos kirimnya juga tinggi. Lain hal jika Anda ikut diskon akhir tahun Shopee. Selain barang yang didiskon, ada juga voucher free ongkos kirim. Jadi, Anda benar-benar tidak perlu lagi memikirkan biaya ongkos kirim yang biasanya sangat mahal.

Produk Out of Date

Memang tidak semua tapi kebanyakan barang yang didiskon merupakan barang yang sudah out of date atau desainnya sudah ketinggalan jaman. Makanya, produsen tidak ingin rugi terlalu banyak. Asalkan sudah balik modal, its ok. Mereka habiskan stok lama dan siapkan stok baru dengan desain lebih ngetrend sesuai dengan zaman.

Namun, harus dicatat ya. Tidak semua barang out of date yang didiskon. Ada lho barang branded yang justru dijual dengan harga promo. Cek saja di Shopee. Program Shopee 12.12 Birthday Sale memberikan diskon untuk barang branded juga lho. Anda bisa manfaat kan momen diskon akhir tahun Shopee untuk membeli barang branded yang mungkin harganya mahal namun menjadi lebih murah dengan adanya diskon.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.