Hal Sepele Ini Penyebab Gigi Tonggos

Banyak orang dewasa yang akhirnya pergi ke dokter gigi untuk konsultasi sekaligu memasang behel gigi demi untuk meratakan gigi. biasanya, mereka menyalahkan apa yang mereka lakukan saat masih kanak-kanak. Mereka menganggap kebiasaan pada waktu kecil menjadi penyebab gigi tonggos.

Hal Sepele Ini Penyebab Gigi Tonggos
Foto : Detik Health

Berhenti menyalahkan masa kanak-kanak. Banyak orang yang mengatakan gigi tonggos itu disebabkan kebiasaan buruk yang dilakukan saat masih balita. Faktanya, ini bukan satu-satunya penyebab. Ada banyak orang dewasa yang bentuk wajahnya berubah. Pada waktu kecil, giginya rapih dan rata. Namun, ketika tumbuh dewasa, struktur gigi menjadi tidak karuan. Bahkan, gigi depan semakin menjorok ke depan.

Jadi, masih menyalahkan kebiasaan buruk saat masih anak-anak?

Stop menganggap demikian. Yang harus Anda lakukan adalah bagaimana cara meratakan gigi yang efektif. Memasang behel mungkin yang muncul di benak Anda dengan terlebih dulu melakukan persiapan sebelum pasang behel gigi. Namun, di saat yang sama, Anda juga perlu tahu apa saja kegiatan sepele yang ternyata menyebabkan gigi tonggos.

Tidur Miring

Memang, yang paling dianjurkan adalah tidur miring. Hanya saja, jangan sampai miring hingga posisi dada berada di bawah. Dan punggung berada di atas. Posisi tidur seperti itu membuat kepala Anda tertekan. Gigi juga tertekan. Jika ini terus Anda lakukan, gigi pinggir akan menekan gigi depan sehingga membuat struktur rahang menjorok ke depan.

Tidur Miring
Foto : Harapan Rayat

Sebaiknya Anda tidur terlentang. Selain agar tubuh mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup, tidur dengan posisi terlentang ini juga mencegah gigi anda tonggos. Jadi, Anda tidak perlu lagi berpikir untuk meratakan gigi dengan alat apapun seperti behel gigi.

Mencabut Gigi

Ada banyak sekali orang yang tidak tahan karena sakit gigi. Mereka akhirnya melakukan jalan pintas. Mereka minta dokter gigi untuk mencabut gigi yang sering sakit tersebut. Tentu itu bukan pilihan yang salah. Hanya saja, seharusnya dicari dulu alternatif lain. Barangkali gigi tersebut bisa diobati sehingga mencabut tidak menjadi satu-satunya jalan keluar.

BACA JUGA:  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan
Cabut Gigi
Foto : GiO Dental Care Yogyakarta

Di sisi lain, memang ada waktu di mana mencabut gigi sangat disarankan. Misalnya saja saat gigi bungsu yang tidak segera tumbuh. Apalagi jika ada kemungkinan gigi bungsu tersebut akan terus tumbuh namun dalam kondisi yang tidak normal.

Inilah yang kemudian membuat gigi lainnya tertekan. Walhasil, posisi gigi pun akan tertekan ke depan. Stuktur gigi akan menonjol ke depan. Gigi pun menjadi tidak rata.

Maka dari itu, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter gigi. Barangkali saja ada gigi bungsu yang kemungkinan tidak bisa tumbuh normal. Dokter akan memberikan saran agar gigi tersebut dicabut atau melakukan pemasangan behel gigi.

Memangku Wajah

Sudah menjadi kebiasaan ketika orang sedang melamun maka mereka memangku wajah dengan tangannya. Ternyata, ini hal sepele yang bisa menyebabkan gigi tonggos lho.

Memangku Wajah
Foto : WikiHow

Apalagi jika Anda memangku wajah dengan tangan yang ada di meja. Otomatis posisi wajah akan menojol ke depan, bukan? Rahang dan juga gigi pun akan tertekan yang kemudian menyebabkan gigi tonggos. Hal sepele tersebut memang jarang diperhatikan. Semoga saja setelah Anda tahu tentang hal tersebut, Anda tidak melakukannya.

Namun, jika Anda merasa gigi Anda tidak rata, Anda bisa coba menggunakan clear aligner, produk dari RATA.id. Ini bukan behel. Ini produk yang terbuat dari plastik dengan teknologi AI (Artificial Intelligence). Teknologi ini membuat Anda tahu posisi gigi Anda seharusnya seperti apa agar rata dan berapa lama alat tersebut harus digunakan.

Sekarang ini, banyak orang yang menggunakan produk clear aligner RATA untuk meratakan gigi karena mereka bisa memasang dan melepasnya dengan mudah. Selain itu, harga alat ini juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan behel gigi.

Bagikan Artikel Ini!

One thought on “Hal Sepele Ini Penyebab Gigi Tonggos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.