Mau Hidup Lebih Sehat? Yuk Kenali Gejala Dehidrasi Dengan Baik

Tahukah Anda jika dehidrasi menjadi salah satu penyebab kematian terbesar? Padahal sebenarnya  dehidrasi merupakan keadaan yang sangat umum terjadi pada tubuh kita. Dan dapat segera tangani dengan mudah. Kenapa disebut umum? Karena dehidrasi merupakan kondisi tubuh dimana saat itu tengah kekurangan cairan.

Mau Hidup Lebih Sehat? Yuk Kenali Gejala Dehidrasi Dengan Baik
Gambar: Fastmed Urgent Care

Sampai tahap ringan dehidrasi dapat dianggap wajar, namun jika telah mencapai tahan sedang atau bahkan berat maka akan sangat mengancam kesehatan tubuh Anda. Untuk menghindarinya pastikan cairan yang masuk ke dalam tubuh seimbang dengan yang dikeluarkan. Sehingga menghitung kebutuhan cairan tubuh yang diperlukan menjadi sesuatu yang penting. Jika Anda bingung, Anda dapat mengunjungi web resmi Aqua. Di sana Anda dapat menemukan kalkulator digital untuk mengetahui kebutuhan cairan tubuh Anda. Atau untuk kewaspadaan alangkah baiknya Anda mengetahui ciri-ciri yang ditunjukkan tubuh saat dehidrasi.

1. Volume Urin berkurang

salah satu ciri dehidrasi yang mudah dikenali adalah dengan melihat volume urin. Jika volume urin Anda berkurang dari biasanya hal tersebut mengindikasikan Anda sedang dalam keadaan dehidrasi. Hal ini disebabkan asupan air kurang sehingga yang dikeluarkan oleh tubuh pun berkurang.

2. Konsentrasi Urin lebih pekat

Ciri lainnya adalah konsentrasi urine lebih pekat. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kekeruhan urine. Jika urin lebih keruh dengan warna yang lebih pekat dari biasanya maka Anda harus waspada itu artinya Anda sedang dalam kondisi dehidrasi.

Mulut Kering
Gambar: Oklahoma Otolaryngology

3. Mulut kering

ciri lainnya yang menunjukkan bahwa Anda sedang dehidrasi adalah kulit Anda kering dan bibir Anda terlihat mengelupas bahkan untuk kondisi yang lebih parah hingga pecah-pecah. Untuk menghilangkannya pastinya Anda harus banyak minum, disertai oleskan pelembab pada daerah yang kering.

BACA JUGA:  Jangan Sampai Sakit! Bersihkan Kasur Sebulan Sekali

4. Rasa haus

ciri yang sering diabaikan padahal ini adalah sinyal pertama adalah rasa haus. Rasa haus akan muncul ketika tubuh kita memerlukan asupan cairan. Hal ini menandakan cairan di tubuh kita sudah tidak seimbang.

Jika ciri tersebut Anda temukan, segeralah mengkonsumsi Aqua sebanyak-banyaknya dan jangan di tunda tunda. Aqua sangat baik menangani dehidrasi karena Aqua mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka hidup sehat aqua dapat membantu Anda menghilangkan dehidrasi.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.