Bau Ketiak Bikin Kamu Gak Nyaman? Hilangkan dengan Beberapa Cara Ini!

Suka kurang percaya diri dengan bau ketiak? Ya, ketiak bau memang menjadi kendala tersendiri bagi yang orang mengalaminya. Pasalnya, ketiak berbau dapat mengeluarkan bau menyengat, yang mana kondisi ini bisa mengganggu orang di sekitar dan terkadang orang yang ketiaknya bau tersebut malah dicap jorok. Meskipun demikian, tak usah khawatir, jika ketiakmu bau, kamu tetap bisa kok menghilangkannya dengan mengikuti beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang kami paparkan di bawah ini. Yuk, langsung saja disimak! (dilansir dari: cermati.com)

1. Gantilah pakaian rutin setiap hari

Tahukah kamu, salah satu penyebab yang mengakibatkan kenapa muncul bau ketiak adalah karena kamu menggunakan pakaian berulang kali. Bisa saja, sisa keringat yang menempel pada pakaianmu mengandung banyak bakteri maupun kuman yang mana ini dapat memicu munculnya bau pada tubuhmu. Baiknya gantilah pakaianmu secara teratur dan jangan gunakan pakaian yang sama berulang kali. Lebih baik, kamu mencuci pakaian tersebut menggunakan deterjen dan jemur di atas sinar matahari agar kuman dan bakteri yang menempel bisa hilang dengan baik.

Bau Ketiak Bikin Kamu Gak Nyaman? Hilangkan dengan Beberapa Cara Ini

2. Mandilah secara teratur

Agar ketiakmu tidak bau, rajinlah mandi secara teratur baik pagi maupun sore hari. Di samping itu, dengan mandi secara teratur membuat tubuh pun menjadi lebih bersih dan terhindar dari kuman, bakteri, maupun kotoran yang menempel di tubuh. Saat mandi, gunakanlah sabun yang tepat untuk kulitmu agar bau badan yang kamu alami bisa hilang dengan baik. So, mau menghilangkan bau ketiak? Jangan lupa mandi secara teratur!

3. Hindari makanan pemicu bau ketiak

Jika tidak ingin ketiak bau, maka sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan pemicu bau ketiak tersebut. Misalnya saja, minuman yang mengandung alkohol, makanan cepat saji, kafein, tembakau, bawang bombay, dan lain sebagainya. Tetap mengonsumsi makanan-makanan ini terlebih dalam jumlah yang banyak tentu dapat memicu munculnya bau ketiak karena itulah kamu sangat disarankan untuk menghindari makanan-makanan tersebut.

konsumsi buah dan sayur

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan serat. Jarang mengonsumsi buah dan sayur tentu dapat mengganggu sistem pencernaan yang mana dapat memicu timbulnya bau badan. Biasanya, kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan lemak di dalam tubuh dan jika dibiarkan maka bisa memunculkan keringat berlebih. Tubuh yang berkeringat tentu mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, rutinlah selalu mengonsumsi buah dan sayuran agar tubuhmu tidak bau.

BACA JUGA:  3 Cara Perawatan Kebotakan Berpola

5. Konsumsi ramuan alami

Kamu juga bisa menghilangkan bau ketiak dengan mengonsumsi bahan alami seperti temulawak, misalnya. Dipercaya, temulawak ampuh dalam menghilangkan bau ketiak karena mengandung flavonida, sapomin, dan minyak atsiri. Caranya? Kupas dan parut 30 gram temulawak, campurkan ke dalam ½ gelas air hangat dan saring. Tambahkan 1 sdt madu dan minumanlah ramuan ini secara teratur dalam seminggu.

Bukan cuma itu saja, bau ketiak juga bisa dihilangkan dengan melakukan beberapa hal ini, di antaranya:

  • Gunakan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik.
  • Cuci pakaian sampai bersih menggunakan deterjen.
  • Minum ramuan daun sirih ataupun dicampurkan ke dalam air bak mandi.
  • Konsumsi daun kemangi secara teratur, entah itu dimakan utuh atau dibuat teh.
  • Selalu jaga kebersihan tubuh dan terapkan pola hidup sehat.
  • Rajinlah berolahraga setiap hari agar tubuh menjadi lebih sehat dan tidak berbau.

Gimana? Mudah bukan menghilangkan bau ketiak yang muncul pada tubuh? So, tunggu apalagi, langsung deh praktikkan di rumah agar ketiakmu tidak berbau!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.