Agar Gigi Tetap Sehat. Yuk, Lakukan Beberapa Perawatan Gigi Berikut Ini!

Suka malas menjaga kesehatan gigi dan tidak pernah melakukan perawatan gigi ke klinik dental, salah satunya Happy Dental Clinic One Belpark? Jika ya, mulai dari sekarang tinggalkanlah kebiasaan tersebut. Alasannya karena tidak menjaga dan merawat gigi bisa menimbulkan berbagai masalah yang bisa berdampak buruk pada kesehatan gigimu. Misalnya; gigi berlubang, gigi kuning, bau mulut, dan masih banyak yang lainnya.

Perawatan Gigi, Agar Gigi Tetap Sehat
Gambar. Dok: Bridestory

Untuk itu, agar kamu tidak mengalami masalah-masalah tersebut, maka disarankan untuk melakukan beberapa perawatan gigi berikut, di antaranya:

Sikat gigi dengan benar

Sikat gigi dengan benar
Gambar. Dok: Metro.uk

Rutinlah selalu menyikat gigi minimal dua kali sehari dan pastikan kamu menyikatnya dengan benar. Bagaimana caranya? Sikat gigi secara perlahan menggunakan teknik melingkar. Tujuan melakukan teknik ini agar dapat membantu menghilangkan yang muncul plek pada gigimu. Pastikan untuk tidak terburu-buru menyikatnya karena bisa menimbulkan beberapa masalah, salah satunya gusi berdarah.

Ganti sikat gigi secara teratur

Ganti sikat gigi secara teratur
Gambar. Dok: Wikimedia Commons

Selain itu, kamu pun penting memerhatikan penggunaan sikat gigi. Ada baiknya pilih sikat gigi yang memiliki tekstur lembut dan gantilah sikat gigi jika bulu sikatnya sudah terlihat mengembang. Atau, lakukan penggantian minimal tiga bulan sekali. Jika tidak diganti ditakutkan nanti malah bisa merusak kesehatan gigimu.

Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride

Pastikan kamu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Tak hanya dapat membersihkan gigi, fluoride dapat melindungi gigi dari risiko kerusakan sekaligus busuk. Kandungan tersebut juga dapat melawan bakteri dan memberi perlindungan yang aman untuk gigimu.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
Gambar. Dok: Freepik

Namun, karena setiap orang memiliki sensitivitas gigi yang berbeda-beda, maka sebaiknya pilihlah pasta gigi yang sesuai dengan gigimu (akan tetapi tetap dengan kandungan fluoride-nya). Dengan begitu, gigimu tentu akan selalu bersih dan sehat.

Baca Juga: Hal Sepele ini Menjadi Penyebab Gigi Tonggos

Rutin sikat gigi sebelum tidur

Jangan sampai lupa untuk selalu menyikat gigi sebelum tidur. Wajib, kah? Ya, karena jika kamu tidak menyikat gigi sebelum tidur malah bisa menyebabkan gigi rusak dan mengalami kebusukan akibat dari sisa-sisa makanan yang dibiarkan menumpuk di gigi.

Biasakan sikat gigi sebelum tidur
Gambar: Dok. Medium

Di samping itu, jarang membersihkan gigi sebelum tidur juga dapat memunculkan penyakit Gingivis. Gingivis sendiri merupakan infeksi yang muncul pada gigi yang disebabkan oleh bakteri. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan terjadinya periodontitis. Oleh karena itu, jangan sampai tidak menyikat gigi, ya!

BACA JUGA:  Nikmatnya Seduhan Secangkir Kopi di Kedai Ini

Tetap perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Dan kamu juga harus tetap memerhatikan makanan maupun minuman yang kamu konsumsi. Kurangilah mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan karena makanan serta minuman tersebut bisa mengikis email gigimu secara perlahan.

Konsumsi makanan dan minuman untuk menjaga kesehatan gigi
Gambar. Dok: Koa.com

Bukan cuma itu saja, gigi kamu pun akan lebih mudah berlubang akibat sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi diubah menjadi asam oleh bakteri normal yang terdapat pada mulut. Asam tersebut dapat melarutkan mineral pembentuk gigi, yang mana menjadi cikal bakal gigi berlubang.

Rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter

Salah satu alasan mengapa gigimu bermasalah adalah karena kamu malas melakukan pemeriksaan gigi ke dokter. Padahal, dengan rutin memeriksakan gigi, kamu tentu bisa mengetahui kesehatan gigimu dan kamu juga akan langsung tahu bagaimana kondisi gigimu sebenarnya.

Rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter

Oleh sebab itu, rutinlah selalu memeriksakan gigimu dengan berkonsultasi langsung dengan dokter di Happy Dental One Belpark melalui aplikasi Halodoc. Di aplikasi satu ini, kamu bisa dengan mudahnya membuat janji dengan dokter terbaik pilihanmu hanya menggunakan smartphone. Kamu juga bisa memilih layanan yang tersedia seperti Poliklinik Gigi Umum dan Poliklinik Gigi Spesialis (khusus untuk gigi).

Tak hanya itu saja, Halodoc juga menyediakan fitur ‘Pengingat’ untukmu, di mana fitur ini akan mengingatkanmu kapan waktu minum obat dan lain sebagainya. Dengan demikian, tentu akan membantu mempercepat proses penyembuhanmu.

Itu dia beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan agar gigimu tetap sehat dan terhindar dari gigi berlubang. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.