Cara Mudah Membersihkan Pipa Air yang Tersumbat

Saluran air seperti wastafel memanglah begitu penting perannya didalam rumah Anda. Tetapi karena pemakaian yang sangat sering, maka sering kali saluran air seperti ini rentan terkena berbagai kotoran yang dapat menghambat aliran air. Tentunya hal ini akan terasa sangat menyebalkan karena pipa air tersumbat. Selain itu apabila aliran air ni kotor, akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Atasi Masalah Pipa Air di WastafelUntuk itu, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin agar saluran pipa air untuk rumah tangga tetap bersih dan tidak tersumbat. Ada beberapa cara membersihkan pipa saluran air yang tersumbat yang wajib Anda ketahui guna mengantisipasi masalah tersebut. Berikut beberapa cara yang perlu Anda coba.

  1. Menggunakan Bahan Kimia

Salah satu bahan kimia yang bisa digunakan untuk mengatasi sumbatan di pipa saluran air yaitu soda api. Soda apa ini memiliki sifat basa yang dapat menghancurkan sumbatan. Terdapat banyak jenis soda api dipasaran seperti berbentuk bubuk, cair maupun berbentuk kristal kecil. Cara yang wajib dilakukan adalah siapkan soda api secukupnya, jangan lupa untuk memakai masker dan sarung tangan supaya aman. Karena apabila soda api terkena tangan, akan menyebabkan iritasi pada kulit. Bukalah kemasan soda api, lalu taruhlah kedalam ember kering kemudian campur dengan air panas secukupnya hingga larut. Selanjutnya siramkan ke dalam pipa air.

BACA JUGA:  4 Tips Mudah Cara Menghemat Air di Apartemen
  1. Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami yang dapat digunakan diantaranya cuka, soda kue dan air mendidih. Kemudian tuangkanlah secangkir soda kue ke dalam lubang pipa air yang tersumbat. Setelah itu tuangkan 2 cangkir air yang mendidih sebagai pendorong soda kue supaya sampai pada pusat yang tersumbat. lalu tuangkan 2 cangkir cuka dan soda kue lalu tunggu beberapa menit.

BACA JUGA:  Rumput Sintetis yang Hijau dan Menyejukkan Pemandangan
  1. Membongkar Pipa

Apabila kedua cara diatas sudah dicoba dan tidak ada hasilnya, mungkin saja penyumbatannya telah dalam keadaan parah. Maka hal yang dapat dilakukan yaitu melepas atau membongkar saluran air tersebut. Setelah dibongkar, dorong atau hilangkan kotoran yang telah menyumbat pipa air.

Masalah saluran pipa air di rumah tangga yang sering tersumbat memang seringkali menyebalkan. Maka dari iyu sebaiknya apabila Anda melakukan perawatan dan lebih berhati-hati dalam menggunakan saluran air. Hindari membuang benda atau apapun ke dalam pipa air seperti kloset, wastafel, ataupun saluran pembuangan yang lainnya. Apabila perlu berilah penyaring pada lubang pembuangan supaya apabila ada kotora tidak ikut terkena arus air.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.